• Cause Progress

  • $45000 Amount Needed
  • $28000 Collected yet
  • 62% Percentile
  • This cause has been completed.

Resolusi Konflik SDA Zona Khusus Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Resolusi dan Mediasi Konflik masyarakat Desa Samangki dengan Pihak Taman Nasional Bantimurung Bulusarung telah dilakukan sejak lama dan dilakukan oleh berbagai pihak. Diantaranya Universitas Hasanuddin 2006-sekarang), RECOFT (2009-2010), dan Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (2010-sekarang).

Tahun 2012 TLKM bersama dengan Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM) mendorong Desa Samangki dan Desa Labuaja untuk menjadi salah satu site dari 10 daerah percontohan penyelesaian konflik yang dilakukan oleh tim tenurial Kementerian Kehutanan. Enam bulan terkhir, TLKM bersama FKKM melakukan pertemuan-pertemuan setengah kamar dengan beberapa stakeholder. Targetnya untuk menggali dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam upaya mediasi dan penyelesaian konflik.

Setelah melalui proses mediasi yang panjang, penyelesaian konflik ini mulai memperlihatkan titik terang. Di mulai dengan pertemuan dan diskusi bersama masyarakat, Dinas Kehutanan Maros, Bappeda Provinsi, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, Universitas Hasanuddin, BKPRD, serta Dinas Tata Ruang Kabupaten Maros dan Provinsi. Pertemuan ini menghasilkan Pelatihan Tim Negosiasi Masyarakat. Pada awal November 2013, TLKM juga telah mengagendakan Workshop sebagai katalisator percepatan penyelesaikan konflik.

Comments are closed.