No comments yet

TLKM Turut Andil dalam Kegiatan “Temu Usaha” oleh Balai PSKL

TLKM.or.id – Tim Layanan Kehutanan Masyarakat turut andil dalam kegiatan temu usaha terkait pengembagan pasar bagi pelaku usaha aren yang diadakan oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraaan Lingkungan pada 17-18 November 2016 di Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini mempertemukan beberapa pelaku usaha masyarakat dari berbagai daerah dan pendamping masyarakat yang terkait diantaranya, TLKM unit usaha aren dan Asosiasi Aren Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Balai PSKL Sulawesi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran jelas terkait arah kedepan dari produk hasil olahan aren yang diproduksi oleh masyarakat, mengingat aren merupakan salah satu komoditi hasil hutan andalan yang sangat berpotensi dikelola dengan baik oleh masyarakat dan juga diminati oleh pasar. Bahkan bagi sebagian kalangan masyarakat, aren dijadikan sebagai pendapatan utama dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Oleh karenanya, pasar sebagai titik temu produsen dan konsumen harus mampu dilihat dengan jeli oleh masyarakat dan mampu menetapkan suatu strategi yang tepat dalam menjawab keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Harapannya dalam pengembangan pasar kedepan terkhususnya pasar hasil olahan aren mampu menjadi jawaban dari kebingungan masyarakat yang dalam hal ini produsen aren dalam menentukan pihak yang tepat menjadi distributor dan konsumen dari produk hasil olahannya. Selain itu, harmonisasi antar tiap stakeholder yang ada mampu menunjang aktifitas pasar kedepannya.

Post a comment