No comments yet

TLKM Tindaklanjuti Program CSR dari PT. PLN Persero

TLKM.or.id – Pada hari Kamis (18/10) Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dan survey lokasi penanaman sebagai bentuk tindaklanjut kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan yang merupakan salah satu program CSR PT. PLN Persero yang bekerjasama dengan pihak Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) dan TLKM.

FGD dilakukan sebagai sharing of idea terkait lokasi penanaman dan bibit tanaman yang tepat sesuai dengan keinginan masyarakat. FGD ini dilakukan secara partisipatif dimana seluruh keputusan berada di tangan masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan di Desa Pattanyanmang, Kec. Camba, Kab. Maros dan dihadiri oleh Kepala Desa Pattanyamang, Bhabinkantibmas Desa Pattanyamang, tokoh masyarakat dan kelompok tani kemitraan kehutanan.

Selain FGD, dilaksanakan pula survey lokasi rehabilitasi lahan untuk mengetahui daya dukung lokasi tanam terhadap bibit yang akan ditanam berdasarkan hasil kesepakatan masyarakat. Survey ini penting dilakukan dalam kaitannya dengan lingkungan tempat tumbuh bibit. Sebab dari proses ini juga akan diketahui kebutuhan penanaman dan pemeliharaan bibit ke depannya.

Dari hasil FGD disepakati lokasi-lokasi rehabilitas lahan yang dibagi menjadi dua yakni, di lahan milik masyarakat Desa Pattanyamang dan di kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Selain itu, disepakati pula tanaman MPTS menjadi pilihan tanaman yang nantinya akan ditanam diseluruh lokasi tersebut dengan pertanggungjawaban pemeliharaan sepenuhnya diserahkan kepada masyarakat pula.

“Berawal dari kegiatan (rehabilitasi lahan) ini diharapkan mampu meningkatkan kondisi kawasan hutan di Desa Pattanyamang karena kondisi sekarang Desa Pattanyamang mengalami kekurangan pasokan air dari mata air yang berada di kawasan taman nasional”, ujar Faisal Kepala Desa Pattanyamang.

Post a comment