TLKM Mendistribusikan Bantuan Alat Untuk Petani Gula Semut Aren di Barru

TLKM.or.id – Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) yang bekerjasama dengan PT. PLN Wilayah Sulselbar kembali menindaklanjuti program Pengembangan Home Industri Gula Semut Aren dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) sekaligus mendistribusikan bantuan alat penunjang pengolahan gula semut aren pada KTH Sipakainge Desa Jangan-jangan, Kab. Barru, Jumat (17/08).

Dalam FGD tersebut terdapat 3 poin utama yang menjadi focus pembahasan yakni, (1) Alur Pemasaran Gula Semut Aren, (2) Hasil Pokok Produksi, dan (3) Distribusi peralatan kerja Gula semut aren. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut dihadiri oleh 15 petani gula semut aren dan pihak dari TLKM yang diwakili oleh Mis’al dan Andi Vika Faradiba sebagai Manajemen Program.

Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas dari tujuan peningkatan mutu gula semut aren berstandar organik. Sebanyak 5 paket perlatan produksi yang masing masing terdiri 15 buah seperti ayakan gula mesh 20, penyaring nira, wadah gula, spatula, wajan dan alat timbangan didistribusikan kepada KTH Sipakainge.

Distribusi peralatan yang  disesuaikan dengan standar organik SNI merupakan salah satu instrumen strategi dalam menghasilkan produk Gula semut aren yang berkualitas premium berstrandar ekspor sehingga berdampak pada peluang dan pangsa pasar. Selain itu, petani gula semut aren berharap dapat menghasilkan produk berkualitas premium organik yang diterima di pasar dalam negeri maupun luar negeri yang nantinya akan berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi petani.

SHARE POST