No comments yet

Pabrik Rotan Rakyat di Mamuju Telah Diresmikan

TLKM.or.id – Pabrik rotan rakyat yang mulai dibangun pada akhir tahun lalu di Kabupaten Mamuju telah diresmikan pada Kamis (22/02) di Desa Bonehau, Kec. Bonehau, Kab. Mamuju. Pabrik rotan tersebut merupakan kegiatan akhir dari program Sentra Industri Rotan Berkelanjutan yang dicanangkan oleh Millenium Challenge Account Indonesia (MCA-I).

Kegiatan peresmian ini dihadiri oleh Pemprov Sulawesi Barat dalam hal ini diwakili oleh Dinas Kehutanan Sulawesi Barat, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Karama, Bapepan Mamuju, perwakilan MCA Indonesia, Kepala Kecamatan Bonehau dan 9 kepala desa se-Bonehau serta Konsorsium PSDABM-M yang terdiri dari beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat yakni, Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM), Perkumpulan Inisiatif, Sande’ Institute dan Serikat Perempuan Bonehau (SPB).

Pada kegiatan peresmian pabrik ini juga dilakukan upacara adat yang dipimpin oleh kepala adat bonehau yang masyarakat menyebutnya tobara’. Upacara adat ini dilakukan dengan memotong satu ekor ayam hitam seraya memanjatkan doa-doa kepada sang pencipta dan para leluhur terdahulu. Dengan dilangsungkannya upacara adat ini meminta kepada sang pencipta dan para leluhur agar pabrik rotan ini dapat terhindar dari marabahaya dan tetap memberi manfaat bagi masyarakat secara terus menerus.

Keberadaan pabrik ini akan memudahkan masyarakat dalam memperolah pasokan bahan baku rotan, dan juga menjadi harapan bagi masyarakat Bonehau maupun masyarakat Mamuju secara umum untuk menjadi lebih baik lagi dengan terciptanya lapangan kerja baru.

Sejalan dengan agenda peresmian pabrik rotan, juga dilakukan pameran produk hasil olahan rotan yang telah dibuat oleh tangan terampil masyarakat. Pameran ini mendapat perhatian dari berbagai pihak yang hadir. Antusiasme pengunjung terlihat dengan dipadatinya tenant-tenant yang telah dibuat oleh masyarakat untuk memasarkan produk olahan rotan mereka. Pameran produk rotan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pameran produk ekonomi kreatif oleh pemerintah daerah Kabupaten Mamuju yang dilaksanakan sehari sebelum peresmian pabrik rotan.

“Pabrik ini nantinya akan mengolah bahan baku rotan yang selanjutnya akan digunakan oleh masyarakat untuk memproduksi produksi hasil olahan rotan berupa kerajinan tangan, dan kedepannya akan mampu membangkitkan ekonomi kreatif di Bonehau”, ujar Dadang Anugrah Selaku Direktur Pabrik Rotan Rakyat.

 

Post a comment