No comments yet

Home Industri Dan Pabrik Rotan Menuju Titik Terang

TLKM.or.id – Pabrik rotan merupakan salah satu luaran akhir dari program sentra industri rotan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Konsorsium PSDABM Mamuju telah memasuki tahapan pembangunan. Pabrik rotan tersebut nantinya akan berdiri di Desa Bonehau, Kec. Bonehau, Mamuju. Pembangunan pabrik rotan ini dijadwalkan akan rampung pada bulan Februari 2018 dan akan beroperasi satu bulan berselang.

Pabrik rotan tersebut nantinya akan saling menunjang dengan home industry yang juga telah dibentuk. Pembentukan home industri sendiri diawali dengan membentuk kelompok-kelompok yang sebagian besar diisi oleh perempuan. Pelibatan perempuan dalam hal ini sebagai pengrajin atau pembuat produk dari hasil olahan bahan mentah menjadi kerajinan maupun furniture. Mengingat sasaran utama dari program sentra industri rotan berkelanjutan ini mulai dari masyarakat adat, buruh tani dan kelompok rentan/terpinggirkan dan perempuan. Sehingga penyerapan tenaga kerja lokal dan dalam pelibatan semua unsur kegiatan dalam program difokuskan pada kategori-kategori tersebut.

Sebelumnya para kelompok-kelompok home indusrtri ini juga telah didampingi secara teknis dan diikutkan ke dalam beberapa pelatihan dan workshop. Pelatihan dan pendampingan manajemen dan teknis pengelolaan rotan ramah lingkungan dan berkelanjutan dilakukan guna meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat dalam home industri kedepannya. Selain itu, telah disusun pula panduan dan modul pengelolaan home industri rotan ramah lingkungan dan berkelanjutan berkelanjutan yang dijadikan sebagai acuan bagi masyarakat dalam aktivitas home industri ini.

Post a comment