Launching Buku “Realitas Desa Membangun” di Unhas

TLKM.or.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bekerja sama dengan pihak Universitas Hasanuddin  mengadakan “Launching Buku dan Lokakarya; Realitas Desa Membangun (Gagasan dan Pengalaman)” pada hari Selasa (09/05) bertempat di Gedung Aula Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Anwar Sanusi, Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Prof. Yusran Jusuf, serta Prof. Supratman dan Muh. Arsyad selaku kontributor dan editor buku Realitas Desa Membangun (Gagasan dan Pengalaman).

Kegiatan ini juga turut mengundang beberapa perwakilan dari pihak Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, Kepala Balilatfo, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Balilatfo, dan juga turut hadir Tim Layanan Kehutanan Masyarakat sebagai lembaga non-pemerintahan yang fokus bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat desa khususnya sekitar hutan.

Pada kesempatan ini, Anwar Sanusi memberikan kuliah umum terkait perlunya perubahan paradigma dengan memanfaatkan kekayaan dan potensi yang ada dalam membangun desa. Beliau juga memberikan gambaran tentang kegiatan prioritas pembangunan desa pada tahun ini, yang diantaranya ialah pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades), pemaksimalan BUMDes, pembangunan Embung Desa dan pembangunan sarana olahraga desa.

Selama ini yang menjadi fokus kerja dari Kementerian yaitu pembangunan infrastruktur desa dan pemaksimalan perangkat-perangkat desa. Oleh karenanya, dengan diundangnya beberapa lembaga swadaya masyarakat dan pihak-pihak lain yang bergerak di Desa diharapkan mampu terbangun suatu sinergitas yang harmonis diantara seluruh pihak sehingga visi kementerian saat ini yang tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur desa tetapi juga kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola desa juga dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

SHARE POST