No comments yet

Belajar Rotan Dari Kota Sigi

TLKM.or.id – Memasuki kuartal ketiga yang berarti tahapan program pertengahan pada tahun ke-2 dalam program pendampingan rotan berkelanjutan di tiga desa yakni, Desa Hinua, Desa Bonehau dan Desa Tamalea, Kabupaten Mamuju, Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) melakukan studi banding pembibitan rotan yang merupakan rangkaian kegiatan nursery.

Studi banding yang dilakukan oleh TLKM itu dilakukan selama tiga hari (Jumat-Minggu) tanggal 17-19 Mei 2017, berada di rumah semai yang dikelola oleh kelompok tani, di Dusun Saluki Desa Omu, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Palu-Sulawesi Tengah.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di ketiga desa ini masih dianggap kurang mumpuni dalam pengelolaan budidaya rotan. Maka dari itu, studi ini bertujuan untuk melihat dan mempelajari langsung cara budidaya rotan yang baik.

Tidak hanya itu, dalam studi tersebut TLKM sekaligus assesment calon pendamping dalam pelatihan teknis nursery dan budidaya rotan. Hal ini sangat penting diperlukan karena keterbatasan SDM di tiga desa dalam melakukan budidaya rotan.

Nursery sebagai tempat memproduksi bibit merupakan kegiatan pembangunan infrastruktur yang dibangun pertamakali untuk menunjang kegiatan rehabilitasi di Kawasan hutan. Lokasi pembangunan akan berada ditiga Desa yaitu Desa Hinua, Desa Bonehau dan desa Tamalea. Kegiatan produksi bibit akan dilakukan oleh pengelola serta didampingi oleh pendamping nursery di masing-masing desa.

Post a comment