Workshop Uji Coba Panduan Dan Modul Rotan Berkelanjutan

TLKM.or.id – Dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan rotan berkelanjutan, Konsorsium Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Masyarakat Mamuju (PSDABM-M) melaksanakan kegiatan Workshop “Uji Coba Panduan dan Modul Rotan Berkelanjutan.” Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai pada tanggal 21-22 November 2016 bertempat di Hotel Srikandi Mamuju. Peserta yang terlibat merupakan perwakilan dari Kelompok Tani Hutan (KTH), Kelompok Perempuan, Pemerintah Desa Hinua, Desa Bonehau dan Desa Tamalea, Pemerintah Kecamatan Bonehau, Badan Lingkungan Hidup Kab. Mamuju, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Karama, dan Dinas Koperasi Kab. Mamuju.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan menampung pengetahuan masyarakat dalam mengelola rotan baik itu budidaya, pemanenan, pengolahan pasca panen serta pembuatan produk kerajinan tangan. Hasil workshop ini akan menjadi input dalam panduan dan modul yang akan digunakan masyarakat dalam mengelola rotan.

Sebelumnya Konsorsium PSDABM-M sebagai penerima hibah dari Millenium Challenge Account Indonesia (MCA-I) yang beranggotakan Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM), Perkumpulan Inisiatif, Sande Institut, dan Serikat Perempuan Bonehau telah mendorong pembangunan “Sentra Industri Rotan yang Berkelanjutan” di Kec. Bonehau, Mamuju. Melihat potensi bahan baku rotan serta SDM yang mumpuni, program ini diharapkan mampu menciptakan industri rotan yang berdaya saing nasional serta berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Bonehau.

SHARE POST