No comments yet

Forestry Writing Contest 2013

TLKM.or.id – Background Peradaban manusia yang begitu pesat telah berdampak pada perkembangan pengetahuan dan teknologi. Sirkulasi arus informasi dan praktek perkembangan teknologi yang didesain sedemikian canggih telah mempengaruhi karakter bangsa ini dan lambat laun karakter tersebut semakin terkikis yang akhirnya akan punah.

Perkembangan teknologi informasi yang tidak lagi dibatasi ruang dan waktu juga telah merambah pada sektor pendidikan sehingga dampak dari pada itu. Praktek-praktek pendidikan yang berorientasi pada kecerdasan bangsa tidak lagi diterapkan secara murni. Perkembangan ini juga berdampak terhadap akses setiap individu yang dikepung dan dibanjiri beragam informasi yang justru kebanyakan bertendensi komersil dan jauh dari nuansa edukatif.

Kondisi ini tentu berpengaruh besar pada kemerosotan kualitas bangsa di segala lini. Penanganan yang sifatnya komprehensif sudah menjadi cita-cita bangsa yang sampai sekarang belum bisa terwujudkan. Olehnya itu, mahasiswa sebagai kaum intelektual yang berada dalam satu komunitas ilmiah turut bertanggung jawab atas persoalan yang menimpa bangsa kita sekarang ini dengan berperan aktif dan kritis menanggapi persoalan yang terjadi.

Mahasiswa harus mampu merealisasikan Tri Dharma perguruan tinggi dengan memposisikan diri sebagai agent of change. Mahasiswa yang selama ini tenggelam di tengah harus menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu salah satu senjata untuk memotong arus komersialisasi media massa yang selama ini mengabdi pada kepentingan pemodal. Dan lingkungan kampus sebagai pusat pertukaran informasi dapat dimanfaatkan sebagai sentral wacana dalam mengembalikan paradigma sebagai corong informasi yang bernilai edukatif dan transformatif sebagai suatu cara untuk memanusiakan manusia.Salah satu langkah konkrit yang bisa ditempuh adalah dengan memberi ruang dan membukakan peluang bagi mahasiswa untuk menunjukkan eksistensinya, agar mampu memaksimalkan potensi kritis dan akademis yang dimiliki mahasiswa.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat beberapa tahun ini telah dirasakan ataupun dinikmati di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Teknologi informasi via internet menyediakan layanan browser, website, e-mail, dan jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll. Hampir semua masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa memanfaattkan wadah ini untuk mencari informasi, bersilaturahmi, bercengkrama maupun berdiskusi. Namun kelemahan saat civitas akademika tidak mampu memaksimalkan perkembangan teknologi informasi sebagai wadah untuk mengsharing dan mentransformasikan pengetahuan dan pengalamannya melalui forum diskusi via internet.

Melihat beberapa problematika diatas, Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) sebagai lembaga yang terus berupaya menginisiasi, mentransformasi dan mengakselari pengembangan pengetahuan terkait bidang ilmu kehutanan akan melaksanakan rangkaian kegiatan Forestry Care di bulan juni 2013. Forestry care terdiri dari kegiatan: (1) Kontes; Forum Diskusi Kehutanan via website, (2) Lomba Essay; “Forestry Essay”, (3) English Camp; ”Kesatuan Pengelolaan Hutan” (4) Dialog Interaktif; “Green Lifestyle”. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi media dalam memberikan informasi kehutanan terkini. Secara umum tujuan lomba menulis essai (Writing Contest 2013) Tim Layanan Kehutanan Masyarakat adalah melibatkan mahasiswa khususnya mahasiswa kehutanan di wilayah Universitas Hasanuddin secara aktif dalam membangun pengetahuan mengenai bidang ilmu kehutanan.

Secara khusus lomba tujuan lomba menulis essai (Writing Contest 2013) Tim Layanan Kehutanan Masyarakat bertujuan untuk: Memberi stimulus kepada mahasiswa kehutanan secara khusus untuk menyalurkan gagasan dan pemikiran kontekstual dalam bentuk karya tulis (essai). Mengadakan seleksi karya-karya tulisan (essai) mahasiswa yang dapat dijadikan sebagai transformasi keilmuan di lingkungan sekitar Unhas dan layak dipublikasikan secara luas. Menumbuhkan jiwa kritis dikalangan mahasiswa yang mampu memberikan solusi alternatif secara cerdas dan ilmiah terhadap problem-problem kehutanan.

Selain itu, juga diadakan kegiatan diskusi yang merupakan suatu aktifitas yang tak dapat dipisahkan dari keseharian civitas akademika. Dengan berdiskusi kita dapat menambah pengetahuan maupun merumuskan sesuatu hal yang lebih partisipatif. Namun kecenderungan belakangan ini ruang-ruang diskusi tidak lagi menjadi hal yang menarik maupun istimewa bagi civitas akademika, hal ini diindikasikan dengan jarangnya kita jumpai forum diskusi di kampus. Mahasiswa hari ini lebih cenderung disibukkan dengan mengerjakan tugas kuliah dan acuh tak acuh lagi dengan identitasnya sebagai seorang mahasiswa.

TLKM sebagai lembaga yang terus berupaya menginisiasi, mentransformasi dan mengembangkan pengetahuan terkait bidang ilmu kehutanan turut merangkaikan dalam kegiatan Forestry Care yang salah satu content kegiatannya yaitu Kontes: Forum Diskusi Kehutanan via website. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi media dalam memberikan informasi kehutanan terkini. kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang terbaru bagi lembaga TLKM untuk mengajak seluruh para rimbawan & civitas akademika untuk mengeluarkan ide kreatif tentang penyelesaian, penalaran dan permasalahan  yang ada di bidang kehutanan.

Post a comment